Kapolres Dumai Berikan Reward Bagi Yang Berhasil Tangkap Pelaku Karhulta

Kapolres Dumai Berikan Reward Bagi Yang Berhasil Tangkap Pelaku Karhulta


Selasa 16 Februari 2016 10:30:06 WIB
TBNewsriau - Kapolres Dumai akan memberikan reward/ hadiah kepada personil yang berhasil tangkap pelaku pembakaran hutan dan lahan (karhulta).

Pemberian reward ini, sebagai upaya kepolisian dalam mengantisipasi peluang terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karlahut). "Hadiah khusus ini bagi anggota termasuk Bhabinkamtibmas yang bisa menangkap pelaku pembakar lahan dan hutan," kata Kapolres Dumai, AKBP Suwoyo.

Kapolres menjelaskan, selain pemberian hadiah, Polres Dumai juga melakukan supervisi ke masing-masing Polsek setiap harinya, dengan tujuan untuk melihat apakah anggota kepolisian sudah maksimal dalam memantau wilayah hukumnya, agar zero kasus Karlahut.

"Tiap hari ada perwira-perwira kita datang ke Polsek, kita lihat mana polisi yang bekerja di lapangan dan mana yang tidak. Kalau bohong pasti akan ketahuan. Kita juga akan rolling mereka tiap bulannya untuk menghindari adanya 'permainan'," tegas Kapolres Dumai.

Upaya ini sedikitnya sudah mulai menunjukkan hasil. Tercatat sejak Januari 2016 hingga sekarang, Polres Dumai berhasil menangkap enam orang terduga pembakar lahan. "Dari lima laporan polisi (LP), kita berhasil tangkap tangan enam pelaku pembakar lahan," jelas Kapolres.

Disamping itu, Polres dumai juga melakukan sosialisasi terkait dampak kerugian dari membuka lahan dengan cara dibakar, penyebaran maklumat Kapolda Riau serta membangun sekat kanal agar lahan gambut tetap lembab. "Kita sudah bangun sekitar 80 sekat kanal di Dumai," lanjut Kapolres.

"Hanya saja kendala kita, rata-rata masyarakat cenderung berspekulasi. Artinya suka coba mencoba, kalau nggak ketangkap ya untung. Bisa dikatakan tingkat kesadaran warga agar tidak membakar lahan masih rendah. Namun begitu kita akan terus sosialisasikan," tutup Kapolres Dumai.

Scroll to top