Tribratanewsriau, Media Resmi Polri di Riau Yang Dinamis Menjawab Tantangan Zaman

Tribratanewsriau, Media Resmi Polri di Riau Yang Dinamis Menjawab Tantangan Zaman


Rabu 15 Agustus 2018 11:43:09 WIB
Oleh : Kasmanto Rinaldi *)

tribratanewsriau.com. Dalam dinamika kejahatan saat ini dimasyarakat yang sudah mengalami berbagai perubahan, pihak kepolisian dituntut untuk senantiasa memberikan ataupun menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Konteks informasi ini sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi yang saat ini sebagian masyarakat menggunakan sarana media telekomunikasi yang canggih. Sebagai Institusi yang berkaitan erat dengan masyarakat, pihak kepolisian harus mampu memberikan informasi tentang apa-apa yang sudah, sedang dan akan dilakukan, hal ini sangat penting sekali untuk mencerminkan bahwa institusi kepolisian adalah institusi yang transparan.

Keterbukaan atau transparansi ini penting sekali, terutama untuk memperlihatkan kesungguhan institusi kepolisian yang semakin hari semakin membaik. Hal ini sangat berarti untuk membuat masyarakat percaya dan dekat dengan institusi kepolisian. 

Ingat kepolisian sekarang adalah sipil yang diseragamkan, artinya dia harus dekat dengan masyarakat dan menjadikan masyarakat adalah sebagai mitranya. Sehingga dengan berbagai media yang dimiliki, institusi kepolisian akan mampu memberikan pencerahan dan informasi kepada masyarakat, bahwa institusi kepolisian bukanlah milik satu atau sekelompok orang, namun sejatinya adalah milik segenap rakyat Indonesia.

*) Penulis adalah Kriminolog, penulis dan Dosen Tetap di Universitas Islam Riau
Scroll to top