Polda Riau Hadiri Penanda Tanganan Mou APIP Dan APH Se-Riau Terkait Tipikor

Polda Riau Hadiri Penanda Tanganan Mou APIP Dan APH Se-Riau Terkait Tipikor


Jumat 14 September 2018 18:37:57 WIB
tribratanewsriau.com. Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah tahun 2018 dan penandatanganan perjanjian kerjasama Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dengan Aparat Penegak Hukum (APH) tingkat Kabupaten/Kota se-Riau, berlangsung Jumat (14/9/2018) di Gedung Daerah Provinsi Riau di Pekanbaru.

Sebagaimana diberitakan oleh kantor berita cakaplah com  bahwa Kegiatan yang bertujuan untuk penanganan pengaduan masyarakat itu dihadiri Inspektur Jenderal Kemendagri Sri Wahyuningsih, Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi, Ketua DPRD Riau, Kapolda Riau, Kejati Riau dan para Bupati/Walikota dan Forkompinda Kabupaten/Kota se-Riau.

Penandatangan perjanjian kerjasama APIP dengan APH Kabupaten/Kota se-Riau diawali dari Kota Pekanbaru beserta Forkopimda Pekanbaru dan disusul kabupaten/kota lainnya.

Irjen Kemendagri, Sri Wahyuningsih kepada CAKAPLAH.com mengatakan dengan kerjasama antara APIP dan APH ini diharapkan ada koordinasi dan sinergitas dalam penangan pengaduan masyarakat di wilayah masing-masing.

"Koordinasi yang dilakukan terkait pengaduan masyarakat yang berkaitan dengan tindak pidana korupsi (Tipikor), sedangkan untuk pidana umum dan pidana khusus tidak," terangnya.

Sedangkan untuk mekanisme koordinasi pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada APIP dan APH kabupaten/kota. Yang jelas koordinasi ini diharapkan bisa menangani aduan masyarakat terkait pidana korupsi di lingkungan pemerintahan.
Scroll to top