Jelang Pemilu 2019 Polda Riau Bersama Instansi Terkait Laksanakan Anev dan Kesiapan Pemilu 2019

Jelang Pemilu 2019 Polda Riau Bersama Instansi Terkait Laksanakan Anev dan Kesiapan Pemilu 2019


Selasa 18 September 2018 18:29:02 WIB
tribratanewsriau.com - Jelang Pilpres dan pileg 2019 Polda Riau bersama instansi terkait laksanakan analisa dan evaluasi terkait pelaksanaan Pilkada 2018 dan persiapan pengamanan Pemilu 2019 di wilayah hukum Polda Riau, Selasa (18/9).

Kegiatan yang berlangsung di gedung Balaiuring Hotel Pengeran Pekanbaru tersebut dihadir langsung oleh Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Widodo Eko Prihastopo MM, Wakapolda Riau Brigjen Pol Drs. H.E Permadi SH.,MH dan para PJU Polda Riau serta para Kapolresta dan Kapolres Jajaran Polda Riau bersama para Kabag dan Kasat.

Undangan yang hadir dalam acara tersebut Gubernur Riau yang di wakili, Kabinda Riau, danrem 031/WB, Danlanud Roesmin Noerjadin, Ketua Pengadilan Tinggi Prov Riau yang di wakili, Ketua KPU Prov Riau yang di wakili, Ketua Bawaslu Prov Riau yang di wakili, Danlanal Dumai dan Para Dandim Prov Riau.

Acara yang berlangsung pada pukul 09.00 Wib tersebut di buka oleh Kapolda Riau, dalam pembukaannya Kapolda menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah datang dan berpartisipasi dan kegiatan yang berlangsung saat ini yaitu pelaksanaan analisa dan evaluasi terkait pelaksanaan Pilkada 2018 dan persiapan pengamanan Pemilu 2019 di wilayah hukum Polda Riau.

Selain itu Kapolda juga menyampaikan kesiapan Polda Riau dan jajaran dalam pelaksanaan Pemilu Pilpres dan Pileg Tahun 2019, diperlukan pengamanan dalam mengantisipasi terjadinya kerawanan sehingga sinergitas komponen terkait dan 3 pilar Kamtibmas sebagai deteksi sangat diperlukan guna mensukseskan pelaksanaan Pemilu Pilpres dan Pileg 2019 dengan di dukung personil TNI dan Polri yang terlatih.  

Paparan dari Ketua KPU Prov Riau yang di wakili oleh oleh Bapak Drs. Syapril Abdullah M.Si menyampaikan data pemilih tetap untuk pelaksanaan Pilpres yang akan berlangsung serta hasil pelaksanaan Pilkada 2018 yang telah berlangsung baik meskipun terjadi pemungutan suara ulang yang terjadi di beberapa kabupaten dan kota. Beliau juga menyampaiakan tentang penyempurnaan/ Inventarisir daftar pemilih untuk Pilpres dan Pileg Tahun 2019.

Paparan Ketua Bawaslu atau yang diwakili Bapak Neil Antariksa A.Md.,SH.,MH menjelaskan  Tren Pelanggaran Pilkada Tahun 2018 di Provinsi Riau tentang pembentukan penyelenggara Adhoc tidak sesuai ketentuan peraturan perundang undangan (PPK, PPS, KPPS) beliau juga menekankan tentang netralitas ASN. Selain itu Data penanganan pelanggaran Pilkada 2018 Prov Riau dan data penanganan di Kab Indragiri Hilir 2018 yang juga turut di paparkan.

Beliau juga menghimbau untuk pemutakhiran Daftar Pemilihan Tetap (DPT) dengan melibatkan seluruh partai politik dalam melaksanakan proses pencocokan dan penelitian daftar pemilih, serta IKP Pemilu 2019 dalam pemetaan pra kampanye.

Penyampaian Danrem 031/Wb Brigjen TNI Sonny Aprianto SE., MM dalam acara tersebut menyampaikan tentang sinergitas TNI Polri dalam pengamanan Pemilu 2019, tugas pokok TNI berdasarkan UU No. 34 Tahun 2004, strategi pelaksanaan pengaman Pilpres dan kesiapan personil serta alutsista lethal dalam mendukung Pilpres dan Pileg 2019.

Kabinda Riau Marsekal Pertama TNI Rakhman Haryadi SA.,MBA.,MSC.,NSS juga menyampaikan paparannya tentang hasil penghitungan suara pilkada Gubri 2018 dan Pilkada Bupati Inhil, dalam paparannya Kabinda juga menyampaikan Analisa dan Permasalahan Pilkada Serentak di Prov Riau 2018 tentang netralitas ASN, tingkat partisipasi rendah, Sosialisasi kurang, Permasalahan DPT dan Logistik Pilkada. Beliau juga menghimbau agar hilangkan pengaruh golput dan radikal yang dapat menghambat jalannya Pilpres dan Pileg 2019 serta mari kita sukseskan sukseskan Pilpres dan Pileg 2019.

Karo Ops Polda Riau Kombes Pol Drs. Rachmat Widodo dalam penyampaian paparannya menjelaskan tentang Analisa dan Evaluasi aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian serta kesiapan Polda Riau dalam pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019 dengan ASTA SIAP yaitu Siap Pilun, Siap Posko, Siap Latpra Ops, Siap Kamtibmas, Siap Masyarakat, Siap Personil, Siap Sarpras, Siap Anggaran.

Diakhir kegiatan sebelum menutup Kapolda Riau merangkum semua dari paparan yang disampaikan para pemapar, beliau menghimbau dan berharap dalam pelaksanaan penyelenggaran Pilpres dan Pileg 2019 tetap bersinergi dilapangan dan jangan Underestimate, semoga berjalan dengan lancar apa yang telah di rencanakan dalama mensukseskan Pilpres dan Pileg 2019. tutup Kapolda.
Scroll to top