Kapolres Dumai Hadiri Pembukaan Latnis Bencana Alam Karhutla Di Makodim 0320 Dumai

Kapolres Dumai Hadiri Pembukaan Latnis Bencana Alam Karhutla Di Makodim 0320 Dumai


Kamis 20 September 2018 16:35:33 WIB
tribratanewsriau.com - Kapolres Dumai Akbp Restika P. Nainggolan SIK hadiri kegiatan Pembukaan Pelaksanaan Latihan Teknis Penanggulangan Bencana Alam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) 2018 yang di laksanakan di lapangan apel Makodim 0320/ Dumai Jl. Sultan Syarif Kasim Kel.Teluk binjai Kec. Dumai Timur. Rabu (19/9).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Danrem 031/WB Brigjen TNI Sonny Aprianto SE.,MM dengan Komandan Upacara Mayor inf Budi Digdoyo selaku pasi lat korem 031/ WB.

Dalam sambutannya Danrem 031/WB Brigjen TNI Sonny Aprianto SE.,MM menyampaikan bahwa pada apel latihan Teknis Karhutla pada siang ini adalah Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa kebakaran hutan dan lahan di wilayah Prov Riau selalu terjadi dan hampir 90% penyebabnya adalah faktor manusianya berbagai dampak Negatif di timbulkan akibat dari ke bakaran hutan dan lahan bagi masyarakat mulai dari faktor kesehatan, ekonomi dan faktor lainya.

Berdasarkan hasil evaluasi dari pelaksanaan penanggulanga hutan dan lahan di wilayah Prov Riau masih terjadi berbagai kendala di lapangan, hal ini di karenakan kurang terlatihnya prajurit dalam penanggulangan hutan dan lahan serta belum ada keterpaduan langkah dan tindakan antar instansi dalam wadah BPBD

Berkaitan dengan hal tersebut maka latihan teknis penangulangan bencana kebakaran hutan dan lahan 2018 yang akan kita laksanakan bertujuan untuk memelihara kemampuan satuan teritorial dalam merencanakan mempersiapkan dan melaksanakan tugas bantuan kepada Pemda dalam rangka penangulanga bencana alam.

Untuk wilayah Prov Riau ada beberapa wilayah kabupaten yang rawan akan bencana karhutla salah satunya kota Dumai. Kurangnya salah satu kesadaran masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar lahan menjadi penyebab utama Karhutla. Peran babinsa dalam hal ini diperlukan melalui babinsa dalam hal ini sangat di perlukan sosialisasi tentang bahaya karhutla kepada masyarakat dan melaksanakan patroli Rutin didaerah Rawan Karhutla. 

Untuk itu melalui latihan teknis penangulanga bencana kebakaran hutan dan lahan 2018 saya berharap para prajurit mempunyai gambaran langkah yang harus diambil dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan Laksanakan latihan ini dengan semangat dan serius 

Kepada peyelengara latihan laksanakan yang telah direncanakan dan di siapkan sesuai bujuklat tentang bencana alam. Pahamin dan catat kemurangan atau kelemahan yang ada selama dalam pelaksanaan latihan untuk dapat di jadikan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan latihan yang akan datang.

Sekira pukul 12.00 WIB upacara pembukaan latihan Teknis penangulangan Karhutla 2018 di lapangan apel Makodim selesai di laksanakan, Situasi dlm keadaan tertib dan aman 
Scroll to top