Kunjungan Perdana ke Kepulauan Meranti, Kapolda Riau Rasakan Kenyamanan Luar Biasa

Kunjungan Perdana ke Kepulauan Meranti, Kapolda Riau Rasakan Kenyamanan Luar Biasa

Rabu 31 Agustus 2022 08:35:46 WIB

Tbnewsriau.com - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal SIk MH bersama istrinya Ny Nindya M Iqbal beserta rombongan melakukan kunjungan ke Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa (30/8/2022).

Kedatangan orang nomor satu di Korps Bhayangkara Riau itu menggunakan Speed Boat dari Pelabuhan Tanjung Buton, Kabupaten Siak. Tiba di Pelabuhan Tanjung Harapan, Selatpanjang disambut Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar, Kapolres AKBP Andi Yul Lapawesean Tendri Guling SIk MH, Kajari Kepulauan Meranti, Waluyo MH dan para pejabat di lingkungan pemerintah dan instansi vertikal.

Sedangkan rombongan dari Polda Riau hadir Direktur Reserse Narkoba Kombes Yos Guntur Yudi, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Kombes Pol Ferry Irawan dan sejumlah pejabat Polda Riau lainnya.

Setelah santap siang, Kapolda melakukan kunjungannya ke Pondok Pesantren Darul Fikri di Desa Banglas Barat, Kecamatan Tebingtinggi.

Di Pesantren ini, Kapolda Riau dan rombongan melakukan tatap muka dengan pengasuh Pondok Pesantren dan para Santri.

Mantan Kadiv Humas Polri ini mengaku sangat bangga berada di tengah-tengah para santri dan santriwati Pondok Pesantren Darul Fikri. Dia berharap lembaga pendidikan agama ini terus maju dan berkembang.

"Semoga pondok pesantren ini dapat terus menciptakan santri soleh-solehah dan berkarakter. Semakin maju berkembang dan bermanfaat dalam menciptakan generasi yang berakhlak dan karakter moral yang baik," ujar Kapolda.

Pada kesempatan itu, Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal menyerahkan sejumlah bantuan kepada pimpinan Pondok Pesantren Darul Fikri Selatpanjang, KH Ahmad Fauzi. Adapun bantuan yang diberikan diantaranya enam gulung sajadah dan paket sembako kepada pengurus dan perwakilan santri.

Kapolda juga mengaku terkagum-kagum dengan perkembangan pesat pembangunan pondok pesantren yang dalam tiga tahun terakhir didukung oleh pemerintah daerah, dan sumbangan para donatur.

"Baru tiga tahun saya lihat perkembangan pembangunannya sangat pesat dan saya yakin itu karena Allah yang menggerakkan orang baik untuk membantu. Saya juga yakin satu tahun lagi fasilitasnya akan selesai semuanya karena auranya memang beda dan Allah lewat malaikatnya menggerakkan hati semuanya untuk menjadi donatur, semoga dengan niat yang baik akan dilimpahkan keberkahan bagi kita semua," ungkap Kapolda.

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat ini juga ikut membantu guna mendorong kemajuan pembangunan Pondok Pesantren Darul Fikri. Irjen Pol Muhammad Iqbal akan membantu pembangunan mesjid yang saat ini masih dalam proses pembangunan.

"Pondok pesantren ini banyak betul kegunaannya, bukan saja untuk beribadah tapi juga untuk menuntut ilmu, baik itu ilmu untuk kemaslahatan umat maupun ilmu berakhlaq. Insha Allah generasi menurut ilmu yang baik punya wawasan global, berlandaskan akhlaqul karimah, islam dan nasionalisme yang tinggi. Insha Allah saya akan membantu, saya kira mesjid ini membutuhkan bantuan dan saya sudah berbisik kepada Ustad Fauzi untuk membantu dan tidak enak pula disampaikan, Insha Allah bantuan itu walaupun sedikit dia akan jadi amal jariyah," ungkapnya.

Pria jebolan Akpol 1991 yang berkunjung dalam rangka memantau kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat ini juga menilai keberagaman dan kebersamaan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti membuat daerah ini tenteram dan damai.

"Saya lihat ada semangat kebersamaan, kolaborasi yang sangat hangat dari semua elemen, baik itu tokoh agama, pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan rekan-rekan jurnalis. Dan ini tidak bisa dibohongi, aura kehangatan dan kebersamaan ini penting bagi saya untuk yakin, bahwa Insha Allah kedepan Kepulauan Meranti akan tetap memelihara keamanan, dan kebersamaan serta saling menjaga dan menghormati satu sama lain, perbedaan pasti ada tapi itu untuk kekuatan keberagaman," ujarnya.

"Intinya saya memberikan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat, tokoh formal yang ada seperti Polres, Kejari dan lainnya sangat hangat berkolaborasi, dan lagi lagi pondok pesantren ini adalah representasi dari semua yang ada ingin membangun bukan hanya fisik tapi juga secara alat untuk menciptakan generasi yang baik," ujarnya lagi.

Diungkapkan pria yang juga pernah menjabat Kabid Humas Polda Metro Jaya ini, kedatangannya ke pondok pesantren yang diresmikan oleh Ustadz Abdul Somad adalah setelah diberikan informasi oleh temannya Masrul Kasmy yang saat ini menjabat sebagai Asisten I di Pemprov Riaum

"Alhamdulillah, memang saya juga punya niat mau kemari setelah diberikan informasi oleh teman saya Asisten 1 pak Masrul Kasmy. Pas saya kemari, lagi-lagi saya, Masha Allah mengucapkan syukur, banyak sekali orang-orang baik yang ingin memberikan sesuatu untuk kebaikan untuk menyenangkan Allah SWT," tuturnya.

Pria kelahiran 4 Juli 1970 silam ini juga mengungkapkan, walaupun ini merupakan kunjungan perdananya di daerah yang berjuluk Tanah Jantan itu, namun dirinya merasakan kenyamanan yang luar biasa dari tempat lain.

"Saya dijamu makanan yang enak dan mi Sagu nya juga enak, luar biaso beda dengan mie sagu yang ada di Pekanbaru bahkan adik saya Dirres Narkoba sampai nambah tiga kali, saking enaknya," ungkapnya.

Jika di tempat lainnya di Provinsi Riau, Kapolda melakukan kunjungan hanya sebentar, di Kepulauan Meranti durasinya agak panjang, bahkan ia memilih bermalam di Kota Selatpanjang. Dia juga menilai ada yang istimewa di kota itu.

"Yang jelas ini sudah skenario langit, iya di
tempat lain jam 8 nyampe jam 12 pulang. Disini saya bermalam pokoknya ada yang istimewa.. Saya ingin menikmati pulau Tebingtinggi, Kepulauan Meranti, mudah mudahan membawa berkah," ucapnya.

Digambarkan, ada kesan yang berbeda dari Kabupaten Kepulauan Meranti dengan tempat lain.

"Jika digambarkan, kesannya luar biasa, hangat, saya lihat tidak ada matahari, jadi teduh. Insha Allah ini isyarat bagi kita semua, mudahan lahir pemimpin tertinggi di Provinsi Riau bahkan di negara ini dari kota Sagu," pungkasnya.

Scroll to top