Polsek Teluk Meranti Gelar Cooling System dan Deklarasi Pemilu Damai

Polsek Teluk Meranti Gelar Cooling System dan Deklarasi Pemilu Damai

Rabu 29 November 2023 15:23:21 WIB

tribratanews.riau.polri.go.id - Bertempat di Kantor Panwascam Teluk Meranti Jalam Rambutan RT. 02 RW. 08 Lingkungan l Kelurahan Teluk Meranti, Polsek Teluk Meranti jajaran Polres Pelalawan Polda Riau melaksanakan kegiatan Cooling System dan Deklarasi Damai Pemilu 2024, Selasa (28/11/2023).

Kegiatan Cooling System di inisiasi oleh Kapolsek Teluk Meranti IPTU Rahmad Wahyudi, S.H., M.H dengan mengajak Ketua Panwascam agar seger! melaksanakan Deklarasi Damai di Kecamatan Teluk Meranti.

Hal ini, untuk memastikan situasi Pemilu di Kecamatan Teluk Meranti akan berjalan aman dan kondusif.

Hadir dalam kegiatan, Camat Teluk Meranti R. Eka Putra, S.Sos, Kapolsek Teluk Meranti IPTU Rahmad Wahyudi, S.H., M.H yang diwakilkan oleh P.S Kanit Sabhara Bripka Friantara, Kepala Kantor Urusan Agama Disman Umar, S.Ag, Ketua Panwas Kecamatan Teluk Meranti Herwanto, S.Sos dan Devisi Penanganan Pelanggaran Panwas Kecamatan Teluk Meranti Atan Sopian, S.H.

Selain itu, Devisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat Panwas Kecamatan Teluk Meranti Fauzi, S.Pd, Ketua PPK Teluk Meranti Sandra, S.H, Lurah Teluk Meranti Abu Samawa, S.E, Pengurus Partai Golkar Kecamatan Teluk Meranti Rinto Pengurus Partai Gerindra Deni Putra, Pengurus Partai PDI-P Musri Effendi.

Hadir juga, Tokoh Masyarakat Firdaus, S.Pd, dan Staf Panwas Kecamatan Teluk Meranti.

Kegiatan dimulai, dari kata sambutan serta pembukaan oleh Devisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat Panwascam Teluk Meranti, kata sambutan oleh Ketua Panwas Kecamatan Teluk Meranti dan kata sambutan Ketua PPK Teluk Meranti.

Dilanjutkan, kata sambutan dari Camat Teluk Meranti R. Eka Putra, S.Sos, Kata Sambutan Dari P.S Kanit Sabhara Posek Teluk Meranti, Doa oleh Kepala KUA Teluk Meranti Disman Umar, S.Ag, penandatanganan Deklarasi Damai oleh UPIKA dan Tokoh masyarakat Kecamatan Teluk Meranti dan foto bersama.

Devisi hukum pencegahan partisipasi Masyarakat Panwas Kecamatan Teluk Meranti Fauzi, S.Pd, menyampaikan, pihaknya bersama staff dan perangkat Panwas Kecamatan Teluk Meranti mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek Teluk Meranti yang telah menginisiasi kegiatan ini sebagai bentuk upaya mewujudkan situasi yang aman dan kondusif pada Pemilu Tahun 2024.

Mulai dari mencetak spanduk deklarasi, sampai dg bantuan konsumsi untuk kelancaran kegiatan deklarasi damai Pemilu 2023-2024 di Kecamatan Teluk Meranti.

"Sinergitas POLRI akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran tahapan pada Pemilu Tahun 2024," sambungnya. 

Ketua Panwas Kecamatan Teluk Meranti Herwanto, S.Sos, juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolsek Teluk Meranti yang telah menginisiasi kegiatan ini sebagai bentuk upaya mewujudkan situasi yang aman dan kondusif pada Pemilu Tahun 2024. 

"Sinergitas POLRI dan Pemerintah Kecamatan Teluk Meranti akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran tahapan pada Pemilu Tahun 2024. Kami dari Panwascam Kecamatan Teluk Meranti sangat berharap agar Demokrasi atau Pesta Rakyat dapat berjalan dengan Kondusif," ujar Herwanto. 

Ditempatkan yang sama, PPK Teluk Meranti Sandra, S.H mengucapkan mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek Teluk Meranti yang telah menginisiasi kegiatan ini. "Sinergitas POLRI dan Pemerintah Kecamatan Teluk Meranti akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran tahapan pada Pemilu Tahun 2024".

"Bagi Masyarakat belum mengurus pindah untuk memilih agar secepatnya diurus dan apabila tidak ada di daftar pemilihan agar segara diurus," sambung Sandra.

Sementara itu, Camat Teluk Meranti, R. Eka S.sos menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Kepolisian khususnya Polsek Teluk Meranti yang telah menginisiasi kegiatan ini sebagai bentuk upaya mewujudkan situasi yang aman dan kondusif pada Pemilu Tahun 2024.

"Sinergitas POLRI akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran tahapan pada Pemilu Tahun 2024. Gedung serba guna Kantor Camat Teluk Meranti telah terdaftar di KPU Kabupate. Pelalawan sebagai kantor PPK dan gudang Logistik dan tempat dilaksanakannya Rapat Pleno tingkat Kecamatan pada Pemilu Tahun 2024 nanti," beber Camat.

"Agar kita semua dapat melaksanakan pemilu Tahun 2024 yang damai dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat," tambah Camat. 

Terakhir, Kapolsek Teluk Meranti IPTU Rahmad Wahyudi, S.H., M.H yang diwakilkan oleh P.S Kanit Sabhara menyebut, kegiatan Deklarasi Damai ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk keseriusan Polri khususnya Polsek Teluk Meranti untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman, damai, serta kondusif selama berjalannya Pentahapan, Pelaksanaan, dan Pasca terlaksananya Pemilu Tahun 2024.

"Pihak Kepolisian akan menjaga Netralitas selama berjalannya rangkaian tahapan pada Pemilu Tahun 2024. Sehingga kehadiran POLRI dapat memberikan rasa aman, nyaman dan damai terhadap warga Negara RI," ujarnya. 

Semoga berjalannya rangkaian tahapan Pemilu Tahun 2024, kita senantiasa diberi kesehatan dan kekuatan. Sehingga dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan semaksimal mungkin. 

Adapun isi pernyataan dalam kegiatan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan bahwa Peserta Pemilu Damai Tahun 2024 Kabupaten Pelalawan dengan Ini menyatakan.

1. Akan melaksanakan pemilu Tahun 2024 yang damai dan Kondusif untuk mewujudkan Demokrasi yang Bermartabat.

2. Akan Mematuhi dan Mentaati segala bentuk peraturan dan Ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan Pemilu Tahun 2024 sesuai dengan Koridor Hukum.

3. Menolak upaya upaya yang dapat menimbulkan pepecahan di masyarakat dan mengindari kegiatan yang bersifat Provokatif, Mengasut, Ujaran Kebencian.

4. Tidak menggunakan Isu Sara dalam pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 akan menciptakan situasi dan kondisi tetap Kondusif di Wilayah Kabupaten Pelalawan.

"Tujuan dilaksanakannya giat Kegiatan Cooling System dan Deklarasi Damai Pemilu 2024 tersebut adalah untuk meningkatkan sinergitas antara Polri, Panwascam, PPK dan Pemerintah Kecamatan Teluk Meranti dalam menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024 di Kecamatan Teluk Meranti serta untuk menjaga dan mencegah potensi gangguan kamtibmas dengan melibatkan seluruh komponen sehingga kamtibmas terjaga dan terkendali," kata Ps Kanit Shabara.

Scroll to top