Mahasiswa Sebagai Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas Menuju Indonesia Tertib

Mahasiswa Sebagai Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas Menuju Indonesia Tertib


Rabu 26 April 2017 14:14:10 WIB
Tribratanews Polda Riau - Direktorat lalu lintas Polda Riau melaksanakan kegiatan Seminar bersama civitas akademis dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau yang diadakan di gedung Auditorium kampus UMRI, pada hari Rabu 26/4/2017.

Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Tulus Iklhas Pamuji SH, MH menjadi narasumber dalam acara seminar tersebut, dengan tema melalui civitas akademis, mahasiswa sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas, menuju Indonesia tertib bersatu keselamatan nomor 1.

Dalam acara ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor III bapak Baidarus MM, M. Ag , seluruh Dekan Universitas Muhammadiyah Riau dan Guru Besar Teknik Riau bapak Prof. Sugeng Wiyono.

Dalam sambutannya Wakil Rektorat III Baidarus MM, M. Ag mengatakan sangat berterima kasih kepada Dit Lantas Polda Riau yang telah menyelenggarakan acara ini. " saya ucapkan banyak terima kasih kepada Dir Lantas Polda Riau yang telah menyelenggarakan acara seminar  dan kerjasama ini " ujar Baidarus.

Selain itu Baidarus juga mengatakan " acara seminar tentang keselamatan berlalu lintas ini sangat penting untuk disampaikan kepada para mahasiswa karena merekalah yang akan menjadi penerus bangsa, " ungkap Baidarus.

"saya mengharapkan kepada seluruh mahasiswa yang hadir agar selalu menjaga ketertiban dan keselamatan di jalan raya, " harap Baidarus. 

Dir Lantas Polda Riau Kombes Pol Tulus Ikhlas Pamuji mengatakan acara seminar keselamatan berlalu lintas ini adalah wadah untuk menyadarkan bahwa penting nya menjaga ketertiban dan keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya. 

"Saya mengharapkan kepada mahasiswa semuanya agar selalu menjaga ketertiban berlalu lintas dijalan raya. Marilah menjadi pelopor dan patuh dalam menjadi ketertiban dan keselamatan berlalu lintas, " harap Kombes Tulus.

Kombes Tulus juga menyampaikan tujuan etika dalam berlalu lintas adalah dapat mengatur individu dalam menggunakan jalan raya. Terciptanya keamanan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas. Selain itu juga dapat menekan / mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan budaya tertin dalam berlalu lintas.

Dir Lantas Polda Riau mengatakan upaya - upaya yang dilakukan Polri khusunya Dit Lantas Polda Riau adalah dengan cara preemtif yaitu dengan melakukan sosialisasi atau himbauan kepada masyarakat tentang keselamatan berlalu lintas dan perundang - undangan lalu lintas. Selain itu juga ada upaya preventif/ pencegahan terhadap pelanggar lalu lintas. Memberikan pembelajaran kepada masyarakat supaya tertib dalam berlalu lintas. 

Dalam mewujudkan kamseltibcar lantas yang terpenting adalah sadar diri keselamatan bersama dari hati, membiasakan diri untuk tertib berlalu lintas, mengajak orang lain untuk taat dalam berlalu lintas dan berikan sangsi sosial terhadap masyarakat yang tidak tertib berlalu lintas.

Kombes Tulus juga mengatakan ada tiga pilar yang sangat berpengaruh dalam  kelancaran, keselamatan dalam berlalu lintas diantaranya adalah keluarga, lingkungan tempat tinggal dan lingkungan kerja/ aktivitas.
Scroll to top