Satlantas Pekanbaru Gunakan Alat Alkohol Detektor, Seorang Pengemudi Terindikasi Mengandung Alkohol

Satlantas Pekanbaru Gunakan Alat Alkohol Detektor, Seorang Pengemudi  Terindikasi Mengandung Alkohol


Rabu 04 Oktober 2017 15:51:00 WIB
Tribratanewsriau - Berbagai terobosan dilakukan Satuan Lalu LintasPolresta Pekanbaru dalam melakukan penertibanterhadap pengendara kendaraan bermotor di KOtaPekanbaru, salah satunya dengan menggunakan alatpendeteksi kadar alkohol (Alcohol Detector) seperti yang terlihat saat melaksanakan razia kendaraan bermotor diJalan Soekarno Hatta, Selasa (3/10). 

Dalam pelaksanaan razia puluhan kendaraan yang diberhentikan petugas Polantas terlebih dahulu dilakukanpemeriksaan kelengkapan surat surat kendaraan bermotorseperti SIM dan STNK. Selain melakukan pemeriksaankelengkapan surat surat kendaraan saat itu petugas jugamelakukan uji kadar alkohol kepada pengguna denganalat pendeteksi alkohol. Bagi pengendara yang tidakmelengkapi surat surat kendaraannya dan juga terindikasimengkonsumsi alkohol akan langsung dilakukanpenindakan dengan memberikan surat Tilang, karenamengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan pengendaratersebut mengemudi tidak wajar atau ugal ugalan danberisiko menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

HR (37), salah seorang pengemudi mobil Truck yang saat itu terjaring razia, setelah dilakukan pengujiandengan alat pendeteksi alkohol ia terindikasimengkonsumsi alkohol. Ia sendiri saat dilakukanpenyetopan kendaraan oleh petugas saat itu mencobamenerobos petugas yang sedang razia.

Terobosan penggunaan alat pendeteksi alkohol inisudah mulai diterapkan oleh Satlantas PolrestaPekanbaru dalam pelaksanaan tugas dilapangan. Tidakhanya pada saat pelaksanaan razia stasioner namun jugasaat tugas jaga atau patroli di jalan raya. Dalam kegiatanpenertiban ter
Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol RinaldoAser mengatakan terobosan penggunaan alat pendeteksialkohol ini juga menjadi sasaran dalam penertibanpelanggaran lalu lintas tematik tahap IV.
"dari beberapa pengendara yang dilakukan pengujiandengan alat alkohol detektor, salah seorangnya terindikasimengkonsumsi alkohol", terang Rinaldo.
Scroll to top