Satlantas Berikan Edukasi Kepada Pelajar Yang Terjaring Penertiban Knalpot Balap

Satlantas Berikan Edukasi Kepada Pelajar Yang Terjaring Penertiban Knalpot Balap


Jumat 20 Oktober 2017 16:21:20 WIB
Tbnewa Polda Riau - Tidak hanya sekedar memberikan efek jera dengan memberikan surat tilang, Satuan Lalu LIntas Polresta Pekanbaru juga memberikan edukasi kepada pelanggar lalu lintas khususnya yang terjaring saat penertiban knalpot balap. Seperti yang terlihat Jumat (20/10) pagi.

Bertempat di ruang Kanit Laka Satlantas Polresta Pekanbaru, para pelangar dikumpulkan dan diberikan pengarahan langsung oleh Kanit Laka Sat Lantas Polresta Pekanbaru IPTU Hendri. 

"selain pengaruh yang kurang baik pada mesin kendaraan, penggunaan knalpot yang tidak standar atau knalpot balap juga mempengaruhi adrenalin si pengendara untuk memacu kendaraannya sehingga sangat beresiko di jalan raya dan berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas", terang Hendri. 

Dijelaskan lebih lanjut olehnya edukasi ini juga melibatkan instruktur dari sekolah mengemudi RSDC Pekanbaru. Melaui edukasi peserta juga diberikan pemahaman akan bahaya dari melanggar peraturan lalu lintas.

"sebagian besar yang kita berikan edukasi ada yang masih pelajar sehingga didampingi oleh orang tuanya, namun ada juga yang dari pelanggar lainnya", terang Hendri.

Satlantas Polresta Pekanbaru saat ini gencar melakukan penindakan terhadap penggunaan knalpot balap. Banyaknya keluhan masyarakat dan pengguna jalan lainnya karena mulai maraknya knalpot balap ini menjadi alasan ditertibkannya penggunaan knalpot balap ini.

Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Rinaldo Aser, mengatakan pihaknya akan langsung melakukan penindakan dilapangan dengan memberikan surat tilang. Ia juga menghimbau pemilik kendaraan untuk tidak menggunkan knalpot balap ini.

"termasuk penggunaan lampu strobo pada kendaraan, jika kita temukan akan kita lakukan penindakn dengan tilang", pungkas Rinaldo.
Scroll to top