Operasi Zebra Siak 2017 Berakhir, 2.605 Pelanggar Lalu Lintas Di Pekanbaru Ditilang, Laka Lantas Men

Operasi Zebra Siak 2017 Berakhir, 2.605 Pelanggar Lalu Lintas Di Pekanbaru Ditilang, Laka Lantas Men


Selasa 14 November 2017 17:50:18 WIB
Tbnews Polda Riau – Operasi Zebra Siak 2017 telah berakhir, Selasa (14/11). Operasi penegakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas yang dilaksanakan oleh Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pekanbaru ini berjalan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 1 November 2017 lalu. Selama pelaksanaan Operasi Zebra Siak 2017 Polresta Pekanbaru telah mengeluarkan sebanyak 2.605 lembar surat tilang.   

Dari jumlah tersebut pelanggaran terbanyak didominasi oleh sepeda motor yakni sebanyak 2.244 pelanggaran dengan jenis pelanggaran terbanyak yakni surat surat kendaraan, tidak menggunakan helm, dan melawan arus lalu lintas. Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil ditemukan sebanyak 361pelanggaran lalu lintas, dengan jenis pelanggarqan terbanyak yakni melanggar rambu larangan berhenti atau parkir, tidak menggunakan sabuk keselamatan serta surat surat kendaraan.

Sedangkan angka untuk usia pelaku pelanggaran lalu lintas didominasi usia antara 16-20 tahun yang berjumlah 579 orang. Untuk lokasi yang paling sering ditemukan pelanggaran lalu lintas yakni kawasan perbelanjaan yang berjumlah 1.101 pelangaran lalu lintas.

Selama pelaksanaan Operasi Zebra, Polresta Pekanbaru melakukan berbagai cara dalam menyampaikan pesan pesan keselamatan berlalu lintas, mulai dari pemasangan spanduk himbauan, sosialisasi di media, hingga pemberian hadiah kepada pengendara yang tertib berlalu lintas.

Jika dibandingkan dengan pelaksanaan Operasi Zebra Siak 2016, untuk tahun ini penindakan terhadap pelanggar lalu lintas naik sebanyak 33 % sedangkan kecelakaan lalu lintas selama Operasi Zebra Siak 2017 menurun sebanyak 50 % jika dibandingkan dengan pelaksanaan Operasi Zebra Siak 2016.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto melalui Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Rinaldo Aser, berharap dengan berakhirnya Operasi Zebra Siak 2017 ini diharapkan masyarakat dapat lebih sadar akan keselamatan berlalu lintas dan lebih tertib dalam berlalu lintas.

“kita harapkan dengan adanya penindakan tilang dan himbauan yang kita lakukan selama Operasi Zebra, dapat menambah kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas. Usai pelaksanaan Operasi Zebra ini, khususnya Sat Lantas akan terus melakukan penertiban terhadap kendaraan bermotor”, terang Rinaldo.
Scroll to top